Senin, 21 Januari 2013

48 HOURS - FINAL PARSE



Final Parse (Perpektif Pengarang)
Hampir 60.000 kata, 48 hours, setiap orang punya cerita Hamlet sendiri di dalam hati mereka, seperti apa milikmu?

Ya, semua yang telah kau baca itu benar, tak ada ilusi, tak ada malfungsi mental, tak ada ketidaksesuaian yang disengaja. Pesta kejutan itu benar, kedua orang yang dipaksa untuk bersembunyi juga benar, mengenai apakah mereka masih hidup, atau apakah trampolinnya telah sengaja ditempatkan di tempat yang salah, tanyakan pada almarhum Mr. Zheng.

Dalam sudut pandang sang dalang, ini adalah akhir yang sempurna, secara sukses menggunakan pesta untuk kabur dari hukum, keadlian, dan untuk membuat seseorang mengambil alih hukumannya, tambahan kepada fakta bahwa seluruh 12 member telah ditangkap.

Bidang tertinggi dari pembunuhan adalah membunuh dengan mempunyai kambing hitam atau membunuh yang hidup dengan orang mati; intinya, orang pertama yang mati tak akan mempunyai cara untuk mengekspos rahasia apapun.

Tepat pada awal menjatuhkan domino adalah pesta yang hangat dan manis, namun dengan perubahan tujuan yang tiba-tiba di pertengahan, dan tanpa pengungkitan antar member, hasil akhirnya mungkin tidak akan jadi sejauh ini.
Tapi tunggu, jangan lupa, hanya kau dan aku yang akan tahu informasi ini; di dalam cerita, Kris telah dibiarkan dalam kegelapan samma sekali; ia akan tetap seperti itu selama ia hidup, selalu berpikir bahwa itu semua hanya lelucon.


Tidak ada member dengan tingkat kecerdasan yang teramat tinggi.

Kim Junmyeon yang memakai topi sederhananya hanya ingin mengurangi kemungkinan ditemukan oleh kamera, yang juga hanya menjadi imajinasinya, ketika ia mendengar suara-suara dari basement. Saat mendengar teriakan Baekhyun, ia tidak mengira bahwa ia tampil begitu membahayakan karena efek dari sinar obor sambil menempatkan ujung obeng di mulutnya dengan maksud untuk menyuruh Baekhyun diam.

Baekhyun tidak dapat menarik kesimpulan dari pemikirannya; bila kau berjalan menuju toilet hanya untuk melihat seseorang memakai topi dan memegang sebuah obor yang menyala berdiri di samping kulkas, kau akan begitu ingin melarikan diri melalui pintu. Namun, jangan lupa, pintu-pintunya terkunci, dan di basement, terbaring dua orang mayat.

Baekhyun adalah orang yang aneh, bukan? Menggunakan eyeliner yang diberikan Kim Jongin pada tengah malam. Apakah kau merasa bahwa itu aneh hanya karena orang pertama yang melihatnya, Kris, merasakan hal itu?

Kepada orang yang merasakan bahwa reaksi ini aneh dan ganjil, setelah terlibat dalam keadaan saling mencurigai di villa, akankah kau bersikap seperti Kris, yang berjalan keluar dari toilet dengan tenang bahkan ketika ia tahu bahwa Baekhyun akan meninggal?

Kau salah, ia tepatnya adalah orang yang paling gampang dan paling bodoh di dalam permainan ini, bodoh hingga pada tahap ia menempatkan persahabatan diatas aturan permainan.

Dia adalah orang yang akan memberikan rahasia penjualan perusahaannya seketika bila seorang teman lama menepuk bahunya dan memintanya dengan santai. Bahkan bila seluruh perusahaan berpikir bahwa ia adalah mata-mata, bahkan bila seluruh dunia berpikir bahwa ia telah disuap untuk memberikan rahasia tersebut, ia hanya akan berpikir bahwa satu-satunya efek negatif dari memberikan rahasia perusahaan adalah ia akan kehilangan pekerjaan dalam sebulan.

Apakah kau memiliki Kim Jongin di pihakmu?
Ia telah melakukan begitu banyak hal bodoh, terus memancing Huang Zitao yang tak bisa ia kalahkan, menghina Luhan, member dengan intelektual tertinggi, dan bahkan membunuh member dari grup yang sama. Diluar itu, ia telah membuat keputusan yang mengubah nasib seluruh orang – melewati Baekhyun dan memilih Luhan.
Seluruh aksi dan keputusan ini telah membuatnya bertahan hingga akhir. Kau salah bila kau berpikir bahwa ini karena ia menyukai perkelahian; ini karena ia mengerti secara insting bahwa kekacauan menawarkan ia kesempatan yang lebih panjang untuk bertahan hidup dibandingkan dengan hidup dengan tertib. Ketika hanya tinggal tiga orang China yang tersisa, ketika seluruh kekacauan telah diakhiri, waktunya berakhir.

Manusia adalah makhluk yang kompleks, manusia bermuka ganda, dan baik kau dan aku telah mengalami saat-saat dimana kita bertentangan dengan diri kita sendiri, tidak terkecuali juga Luhan.
Dosis yang lebih banyak dari pil penyakit jantung memang ulahnya; ia membuat Tao bersembunyi di toilet lantai pertama; itu juga benar; melindungi Kim Jongin dari Kris, itu juga, benar. Faktanya, ia yang telah memisahkan Zhang Yixing dan Kris, memegang pemantik dan mengurung Kris, itu juga benar.
Bagaimanapun, orang yang terdiam dan membuang pemantiknya, orang yang tidak dapat melihat Zhang Yixing mati di depan matanya, dan bahkan orang yang membuat pengorbanan kematian, itu juga dirinya.
Ia tidak kalah pada siapapun namun dirinya sendiri; dan secepat itulah dimana ia mengakui bahwa kekalahan mungkin tidaklah memiliki arti lagi.
Luhan tidak akan pernah berpikir bunuh diri; bahkan bila ia menemui jalan buntu, ia tetap berusaha hingga titik akhir. Ia tidak banyak berpikir tentang mengontrol dan mengatur kematian Oh Sehun – ia orang biasa seperti kau dan aku, sama-sama panik 5 detik setelah sebuah kematian, dan masih berpikir selama 10 jam setelah menghadapi kematian yang tidak dapat dielakkan.

Apakah Zhang Yixing bodoh?
Ia tidak melakukan apapun terhadap siapapun; ia tidak pernah membunuh seorang pun dari awal hingga akhir – ia tidak berencana untuk itu. Ia tidak memiliki EQ atau IQ tinggi, namun ia secara sederhana mengikuti instingnya dan seluruh hal yang ada dalam kemampuannya, namun pada akhirnya, ia bertahan hingga menjadi orang kedua terakhir.
Tao melindunginya dari mengonsumsi anggur beracun itu; Kris melindunginya dari memasuki adegan kematian Baekhyun; Luhan mengorbankan dirinya sendiri untuk melindunginya. Mengapa orang-orang ini melakukannya?
Melihat kembali kepada apa yang ia lakukan, ia mengingatkan Tao untuk tidak terlalu keras kepada Kim Jongin; ia telah memberitahu Luhan dimana ada sandwich; ia menyelesaikan situasi dimana Kris tetap berkepala panas dan ia bahkan menyelamatkan Kris ketika Luhan memiliki pemantik tepat di depannya. Semuanya pada akhirnya terpantulkan balik kepadanya, yang juga diisolasi dan dilindungi oleh lingkungan sekitar pada saat yang bersamaan.
Ini adalah sesuatu yang Luhan, orang dengan EQ tertinggi, tidak lakukan. Menggunakan cara yang paling bijaksana untuk berjuang hingga akhir bukanlah apa-apa melainkan emosi yang sesungguhnya.

Kris bertahan, namun adalah orang yang pada akhirnya telah sepenuhnya dikalahkan.
Ia membunuh Park Chanyeol, Kim Jongin dan bahkan Zhang Yixing; aksi-aksi ini tidak pernah menjadi aksi untuk menolong atau melegakan orang orang lain. Pembunuhannya hanya memuliki satu alasan di baliknya, pertahanan hidup. Apakah itu egois? Lihatlah pada tentara-tentara dan pebisnis sukses yang hidup di dunia ini, apakah mereka hidup sampai akhir karena narsisme?
Meskipun ia akhirnya telah menyelesaikan seluruhnya, ketika keberanian bajanya itu telah meregang hingga batasnya, ia membunuh Zhang Yixing dengan menyayat pergelangan tangannya ketika takdir sekarang akan menghabiskan seluruh hidupnya secara perlahan memotongnya menjadi potongan-potongan; dunia ini tidak hanya sebuah pertanyaan matematika dengan jawaban benar dan salah seiring dengan kepatuhan buta terhadap aturan sering kali tidak menjanjikan hasil.
Ketika tali yang mengikat hidup ketiga orang ini terus muncul dalam pikirannya, ketika ia mengingat alasan untuk tidak menyerahkan talinya kepada Luhan, adengan-adegan ini mungkin akan dan terus-menerus muncul dalam tidurnya: papan hitung mundur yang tak berarti itu yang menunjukkan 4 dan dirinya berpikir di hadapan pemantik; seiring ia mengosongkan minyak isi pemantik tetes demi tetes, ia ingin bertanya pada Luhan, tanpa kehadiran Zhang Yixing, akankah kau membakarku hingga mati? Luhan menggelengkan kepalanya ketika ia telah memilih jawaban pada pertanyaannya sendiri.
Ini menjadi isu yang kritis namun ia telah mencapai jawaban yang salah.

Teks ini faktanya tidak mengandung maksud apapun untuk menyatukan segalanya, juga tidak menjelaskan apapun, ini hanya menampilkan pilihan-pilihan yang dibuat oleh ke12 seluruhnya amat biasa sebagai orang yang berada di bawah pengaruh aturan. Kau mungkin salah satu dari mereka dan aku mungkin salah satu dari mereka, namun mereka semua pada akhirnya hanyalah orang biasa. Dengan latihan sehari-hari mereka dan keringat yang menetes, dan pengejaran konstanmu dan perbaikan dalam persiapan ujian, mereka memang tahu bagaimana caranya menari dan menyanyi, namun percaya padaku, kau akan mempelajari banyak hal yang mereka tidak akan pernah tahu seumur hidup.
Persahabatan mereka mungkin sama-sama sejati seperti yang kita miliki dengan teman-teman kita, namun itu bisa jadi tidak kuat dan kasat mata, jadi tidak perlu permaninan pembunuhan ekstrim dan mungkin itu dapat dihubungkan pada pencapaian kecil, yang mereka tinggalkan satu persatu. Ini tidak menjelaskan apapun melainkan fakta bahwa manusia bersatu bila takdir memanggil, ketika kau telah menyadari poin ini, kau mungkin telah melalui dan menjadi dewasa lewat sekian banyak perpisahan dan pertemuan, namun pendewasaan datang dengan sebuah harga dari masa muda, ini juga sama untuk orang-orang ini (EXO), dan seiring kau menemani mereka ketika mereka tumbuh, kau mungkin secara bertahap mengerti; pengalaman dan kenagan itu pada akhirnya lebih penting daripada hasil, baik itu baik ataupun buruk.
Oleh karena itu, bila perasaanmu sekarang dimabukkan oleh persahabatan mereka, mengapa tidak melihat kepada orang-orang disekelilingmu, ini, adalah uraian terakhir.

Cerita ini berakhir disini.
Aku sangat berterimakasih kepada seluruh orang yang telah berkontribusi pada diskusi-diskusi yang bergairah dan komitmen-komitmen, itu adalah kehormatanku untuk mencapai pengakuanmu, harapan sederhana pengarang, adalah bahwa ini adalah cerita yang akan kau kadang-kadang teringat.






Original Fanfiction  written by 辛辛息息
Indonesian Translation of this chapter by  citrahf
Do not reupload, do not repost, respect copyrights, and use proper credits if linking this post
Don't forget to leave some comments ^^




42 komentar:

  1. admiin, nggak pingin nransletin STEP kah ? suka banget sama ff itu sampe nangis-nangis bacanya, tapi aku masih ada bagian yang miss kalo baca yang eng transnya ^^

    makasih udah translate in 48hours, really enjoying this indo trans ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh step ya, nanti aku tanya ke admin yg lain deh, pada mau ngetranslate-in ga ya :) aku sendiri belum baca step :P

      Hapus
  2. selama ini baca di hape jadi susah buat komen.
    Thanks banget buat adminnya yang udah susah payah transletin.
    48 hours ff yang super daebak. luar biasa mengguncang hati. abis baca bikin galau. pokoknya keren. gosip yg bilang klo nih ff udah nyampe di tangan anak EXO bener kagak sih? ahh gak kebayang reaksi kris baca nih FF. luar biasa keren. penokohannya seakan real bngt. authornya jempolan walau gak tau nama dy siapa -.-
    pokoknya terima kasih udah ngeshare ^^
    lanjut translete FF2 yang keren lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, sejauh yang aku tahu, 48 hours sampai di tangan anak exo itu ga bener ^^ . author aslinya juga pake nama pena, dan sangat tertutup, ga pernah bales komen dll. misterius... . Terima kasih ya~ .

      Hapus
  3. Kyaaaaa~ makasih min udah transletin 48 hours. Asli, nih ff keren bgt. Ga kaget kalo yg suka banyak. Dari penokohan, pendeskripsiannya keren >.<
    Min, ga pengen trans step juga kah? Udah baca eng nya. Tapi ga enak kalo ga baca indonya juga >.< hehehe

    BalasHapus
  4. Makasi banget buat admin yg udah translate ini FF, authornya daebak bangett ..
    Mungkin emg bahasanya rada membingungkan yaa, tapi cerita + pendekripsiannya jempolan deh ^^

    BalasHapus
  5. makasih bgt buat adminny karena udah translatein nih ff k'bahasa indo,.. :)
    sumpah, udah lama bgt pengend ad yg translatein ini,..
    kmrn 2h smpet bca 48 hours yg eng,version tapi cm bbrpa chapter >>> curcol
    sbnrny tw 2h arti tp kok malah gk nyambung,.. -__-"
    emang dasar eng. gk jago,..
    kl ad translate dlm bahasa qt sendiri kan jd enak ngerti,..
    nyambung am cerita,..
    bnr2 keren nih admin2ny,..
    pkkny mkasaih bgt admin yg kece deh,..
    mv ya bru komen d'akhir,..
    mngkn ad keinginan lain trasnslate ff exo yg step, zodiac, atau Anterograde Tomorrow,..
    pkk sukses bwt blog ini,..
    deh maju trs,..
    skali lgi thanks admin,..
    fighting,.. :)

    _joongki wife_

    BalasHapus
  6. Makasih admin yang udah translate ff ini ke bhsa indo ^^
    sbenernya udah baca yg eng-nya. tapi ada beberapa kata yang kurang ngerti -_-v tapi pas udh baca yang indo nya jadi nambah ngerti deh
    bener-bener daebak! authornya keren banget!!
    sekali lagi makasih banyak ya ^^

    BalasHapus
  7. Wahh ff nya daebak min, makasih ya udah dtransletin,saia emag rada susah baca ff eng,
    Yg saiA binging, si xiumin, ama jongdae nya kemana min, suho bilg kan , ada suara berisik dr basemant, sdgkan di basemant kan cuma ada mayat xiu n chen, berarti mreka msh hdup donk ? Trus kalo seandainya si baek gak trun cari air, bakaln kebongkar tu acra kejutannya ama suho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi sebenernya pas suho mau meriksa basement, itu xiumin sama chen masih hidup. yg mereka mati awalnya itu cuma akting belaka buat surprise party (tadinya)

      Hapus
  8. Waaaa... ni ff keren!!!!
    Bkin penasaran dr awal prolog smpe epilog.a....

    Gk bs byngin kalo ank exo pd beneran kayak gini.... ><

    BalasHapus
  9. Makasih banyak udah translettt :)))
    Masih bingung sebenernya, jd awalnya beneran cuma kejutan utk aniv yg direncanain chen ? Jadi xiumin sama chen itu beneran mati ? Aduh maaaaf aku rada kurang ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya awalnya kejutan, xiumin sama chen mati atau engga, itu misteri~ terserah kalian aja menginterpretasikannya gimana :)

      Hapus
  10. aaaaaaa terimakasih banget banget bangetan thor buat penulis dan penerjemahnya, gabisa bayangin gimana reaksi member EXO pas baca ini karangan, kagum mungkin ato mereka bakal serem sendiri sambil natap kris horor? tapi entahlah yang jelas penulis aslinya punya hayalan tingkat tinggi banget. terimakasih sekali lagi :)buat translate-annya untuk para penerjemah disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya sama-sama, makasih ya udah mau baca translate-an ff kita ^^

      Hapus
  11. Makasi banget min udah translite-in ni ff :))))))
    keren banget lah, udah dibaca berkali2 tapi tetep berasa feelnya.

    Admin plis la~ translite-in ff STEP juga, aku udah baca beberapa chap yg eng trans tapi masi ga ngerti, bahasa authornya dewa banget.
    Ayolah min, yg lain juga pada nungguin kayaknya :D

    BalasHapus
  12. wah,,,semuanya menjadi jelas...
    Kata-katanya keren...
    semua org membicarakan ttg ff STEP...jadi penasaran..
    aku ngikut mereka deh...
    kepengen baca jg,,tp mau yang udh di translate kan..
    aku berharap,,,admin mau mentranslate ff itu...

    BalasHapus
  13. woahhh aku nyelesein ff ini dari tadi pagi jam 9, sampe sekarang jam stgh 12 (epilog aku baca tadi malem, tapi merinding disko jadi aku lanjut pagi aja hehe)
    untung ya ini cuma cerita, dae to the bak. tapi asli keren abissssss. nyesek endingnya, tapi okee. aduh gimana ya saya bingung pokoknya jjang!!
    makasih banyak buat admin yang udah nge translate-in ini buat kita :)) thank you so much! aku share ke temen2 ku boleh min? aku cantumin credit kok :))
    makasih lagi ya author!!!

    BalasHapus
  14. admin translatein jg donk ff hostility yg bikinan.a org china.
    q nyari gk smw.a b.ing.

    BalasHapus
  15. min masih ada yang gak ngerti, cerita disini pesta anniv yang dimaksud itu untuk candaan atau emang ada rencana pembunuhan? daebak buat authornya+penerjemah :) kalo ada yang seru lagi ffnya, ditranslate ne ^^

    BalasHapus
  16. aku masih bingung, si chen ama xiu kalo ga mati kemana? kabur? kenapa ga ketangkep. suer bingung banget -_- but, thanks udah ngetranslate ^^

    BalasHapus
  17. Aku masih gantung bacanya. Chen xiumin jg beneran hilang? Plis di jawab hehe btw thanks udh ditranslate. Musti mutar otak dan tenang baca ff ini. Ngebayangin ilustrasi author.

    BalasHapus
  18. Min, kereeeen banget. Awalya rada-rada bingung sih kayak mana ceritanya soalnya bahasanya dewa banget. Hehee. Sorry baru bisa comment nih min. Thanks ya min udah di translate-in. Daebaak buat penulis, ff sama mimin !

    BalasHapus
  19. Makasih banyak admin udah translate ff ini...
    Admin translate-in Anterograde Tomorrow juga dong yah yah
    aku udah baca sih cuman ada beberapa kata/kalimat yang kadang aku gak ngerti mungkin kalo ditranslate-in bisa ngebantu.
    Sebelumnya makasih banget udah translate ff ini. Keren deh pokoknya
    sering2 translate ff yaa kayak Office Antics, Anterograde Tomorrow, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. linknya dong, mention ke twitter kami aja ya kalau ada ff yg mau ditranslate, makasih ^^

      Hapus
  20. Aku masih bingung dengan chen sama xiumin ??
    Mereka masih hidup apa udah mati ..
    tolooong dijawab

    BalasHapus
  21. terima kasih yaaang sebanyak-banyaknya buat para admin yg mau menerjemahkan 48 hours ini.
    This is one of the best fanfic i've ever read!! keren sampe speechless mau komen apa :o
    tapi kasian banget ya akhirnya yg hidup cuma kris :(

    BalasHapus
  22. Sebentar, sebenernya ada satu hal yang ke skip sama gue: Kyungsoo kemana? Dibunuh? Hilang? Sepertinya kok poof lenyap begitu aja setelah pembagian team? Hehe ini kalau tau aja sih..

    Overall, gue bukan orang yang gampang nangis baca ff sedih macem anterograde atau porcelain, TAPI YANG INI sukses ngejatuhin bulir-bulir airmata gue!! Makin cinta sama Yixing huhuhu *bawa kabur Yixing dari Kris*

    By the way, tadinya gue iseng aja sih nyari di google kayak "kalau ff ini diterjemahin ke indo tuh jadi gimana ya?" Ternyata nemu ini, baca, dan gue puas lah. Walaupun ga sampe menitikkan airmata pas baca yang versi inggrisnya hehehehe :Dv

    Mungkin kalo butuh 'tenaga penerjemah tambahan' bisa kali ngontak gue :3

    BalasHapus
  23. Makasi admin udah translatein. maaf baru komen chap terakhir.
    ini bener2 pengen ada cerita selanjutnya tentang perasaan xiumin ama chen tau kalo kejutannya hancur dan akhirnya kaya gini. juga tetep bingung baek ketakutan sampe bunuh suho. mereka seakan2 pikirannya buta dan gambarin kalo pesimis bgt. sedih. disini diceritain kalo mereka bener2 egois. apa aslinya gitu? aku pikir enggak. ahhhh harus apaaaa aku gak terimaaaa-___- bahkan chanyeol yang optimistis aja bisa sampe pesimis karena kris ngehalang dia sekali buat mecahin kaca yang padahal akhirnya bisa. apa hidup sekejam itu?
    tapi ini ff keren kok. aku juga awalnya gak nyangka ini pesta kejutan 2 tahun dan bertepan sm april mop dan dibuat sama membernya sendiri. bener2 diluar dugaan. bagus.
    tapi tetep gak habis pikir kenapa chem sama xiumin gak sadar kalo ada yang gak beres dari rencananya. dan tetep ngebiarin semuanya mati. gak sesuai aja sama nalar aku. yaaa namanya juga fiksi yaa-.- huhu

    BalasHapus
  24. jadi berharap ada reality show yg ngasih game ini ke member exo, tp mrk gatau kalo itu reality show, terus pake hidden camera, tapi berakhir sampe bagian dance machine aja, biar ga sampe bunuh"an/? ._.

    BalasHapus
  25. baca dr pulang sekolah sampai sekarang,akhirnya selesai!!!!!!!
    ya ampun daebak bgt FFnya
    salut sama yg bikin
    salut juga buat admin yg udah nerjemahin,,terima kasih banyak!!!! gumawo gumawo ^^

    BalasHapus
  26. Wow FFnya keren^^
    Gomawo untuk semua yang nerjemahin :)

    BalasHapus
  27. keren baget ffnya..
    makasi banget min udah nerjemahin ke indonesia :))
    habis baca tuh gk terima kenyataannya gitu,bener2 diluar dugaan banget..
    makasi min udh nerjemahin :D

    BalasHapus
  28. Baru nemu ff ini.. maaf aku comment di bagian ini aja, soalnya ga sabaran abis selesai baca satu chapter langsung pengen lanjut aja.. tapi daebakkk!!! Sumpah keren banget author dan makasih admin yang udah translate...gomawo!daebaakkk

    BalasHapus
  29. halo admin yg baik hati sudah mau translate ff ini smpai komplit chapter dan tambah tambahannya.
    saya sebelumnya mau minta maaf karna baca dri awal smpai akhir dan baru isi komen disini.
    aku g biasa pke opera mini android jd agak sedikit bingung klo mau komen.

    btw bgus bgt ff nya dan translate nya tenunya. sangat membantu. dasarnya saya malas membaca ff english dengan bahasa dewa kayak gini. dan emg dri slu ff ni ud cetar dimana mana dan bau smpet sekarang untuk baca.
    ternyata ga cuma menonjol di adegan bunuh membunuh atau yaoi ny aj. tp jg ad nilai nilai yg tersirat disini. bagus bagus. ditunggu translatean ff yg lain hehehe

    BalasHapus
  30. Bagusss bgt min . Jd kbnarnny udh trungkap dsini . Kren bgt sumpah . Cma msih pnasaran sm xiumin dn chen huhuhu . Mksihhh banyak ya mimin ♡♥♡♥♡

    BalasHapus
  31. 대빅 ini ff tuh nge wow banget makasih ya min udh di translate sampe akhir 감사합니다

    BalasHapus
  32. Makasih banget ya min udah mau translate ff ini :)

    BalasHapus